Rabu, 02 Juli 2014

Fly Ash Sebagai Penghemat Semen

Fly Ash lebih dikenal dengan nama Pozzolan buatan, yang dihasilkan dari proses akhir pembakaran Batubara, berupa butiran yang sangat halus yang mengandung Silika, Alumina dan kandungan Kapur yang sedikit sehingga mempunyai daya lekat yang tinggi.

Pozzolan Alam berasal dari abu vulkanik telah dipakai sebagai campuran beton sejak jaman Romawi yang bangunannya masih kokoh sampai saat ini antara lain adalah Pantheon. Sebagai bahan penghemat semen, Fly Ash sendiri telah di pakai di Amerika Serikat sejak th 1938 sebagai bahan untuk membuat jalan beton untuk Highway, dan sejak th 1990 an Fly Ash juga telah digunakan pada beton siap pakai (Readymix Concrete).

Butiran Fly Ash yang sangat halus dan berbentuk spherical bearing ketika dicampur dengan air dan agregat lain akan menjadi seperti pasta yang lumer dan licin dan melapisi besi beton dengan rapat dan lekat sehingga mengurangi adanya pori-pori penyebab masuknya zat asam yang mengkorosi besi,dan berfungsi sebagai filler pengisi celah. Penghemat Semen Fly Ash sangat tepat digunakan pada daerah rawa,Kuat,Efisien dan Lebih Kuat. Dengan menggunakan Fly Ash, dinding bangunan akan menjadi lebih kuat dan kokoh dibandingkan dinding yang menggunakan campuran konvensional yang hanya menggunakan semen saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.